Sabtu, 15 Desember 2012

Kelemahan Kurikulum 2006

kementerian pendidikan dan kebudayaan sedang melakukan uji publik kurikulum 2013, yang merupakan suatu terabosan baru untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia, adapu latar belakang yang mendorong kementrian pendidikan dan kebudayaan menetapkan suatu bentuk kurikulum baru yang tertuang dalam kurikulum 2013 ini adalah kenyataan bahwa kurikulum 2006 memiliki beberapa kekurangan
, diantaranya adalah :

  1. Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional; 
  2. Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; 
  3. Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; 
  4. Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global; 
  5. Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; 
  6. Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan 
  7. Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar