Selasa, 20 November 2012

Fungsi laten lembaga pendidikan

Mungkin pernah terlintas dibenak kita apa sebenarnya fungsi dari lembaga pendidikan,  dan sejauh mana keberhasilan suatu lembaga menjalankan fungsinya di tengah masyarakat. untuk membantu pertanyaan itu maka disini penulis mencoba mengemukakan beberapa fungsi laten dari lembaga pendidikan, setelah saudara-saudara mengetahui fungsi laten dari lembaga pendidikan maka diharapkan pembaca dapat menarik suatu kesimpulan mengenai keberhasilan dari lembaga pendidikan di sekitar pembaca.

Adapun fungsi laten lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
  • Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
  • Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
  • Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
  • Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar